Minggu, 26 Februari 2012

Wisata Komplit ala Pangandaran

Pangandaran yang terletak sekitar 750 km dari Jakarta ini bisa dicapai dengan naik bis jurusan Kampung Rambutan–Pangandaran dengan tarif sebesar Rp. 55.000. Tapi enaknya sih kalau kita berangkat dari Jakarta malam hari, jadi sampai di Pangandaran pagi hari karena perjalanan ke sana sekitar 9 jam. Selain naik bus, kita juga bisa naik kendaraan pribadi kok. Mau lebih seru lagi? Bareng-bareng aja sama temen-temen naik motor. Tapi tetap berhati-hati ya dan patuhi rambu lalu lintas demi keselamatan kita. Buat yang yang punya bujet lebih, bisa mencoba naik pesawat dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Nusawiru. Buat yang naik bis, setelah turun di Terminal Pangandaran, kita bisa jalan kaki atau naik becak untuk menuju pantai sambil mencari penginapan. Di sini ada banyak banget penginapan, mulai dari Rp. 100 ribu. Tinggal pilih aja mana yang paling sesuai sama kantong kita.

Memburu Sunrise dan Sunset
Hal pertama yang harus dilakukan ketika tiba di Pangandaran adalah menikmati sunrise di Pantai Timur Pangandaran. Panorama sunrise dengan latar depan perahu nelayan cantik banget jika diabadikan dengan kamera.
Sebaiknya kita langsung memilih spot terbaik untuk foto-foto, soalnya di akhir minggu Pantai Timur Pangandaran dipenuhi oleh pengunjung. Puas melihat sunset, saatnya sarapan pagi deh. Jangan takut, di Pantai Pangandaran ada banyak pedagang makanan untuk mengisi perut kok. Berbeda dengan sunrise, kalau kamu mengincar pemandangan matahari tenggelam, coba deh jalan ke arah Pantai Barat Pangandaran.

Menyusuri Gua Bersejarah
Kelar menikmati sunrise, saatnya mengunjungi Cagar Alam Pananjung. Nah, di sini kita bisa melihat peninggalan bersejarah seperti Situs Batu Kalde, Gua Sumur Mudal, Gua Panggung dan Gua Lanang. Tapi paling seru sih saat mengunjungi Gua Keramat. Di dalam gua ini ada 4 ekor landak yang jinak dan ada batu yang kalau dipukul akan berbunyi seperti gendang. Pernah nonton serial TV Mak Lampir? Nah Gua Keramat ini merupakan tempat syuting serial Mak Lampir tersebut, jadi bisa dibayangin deh gimana suasananya. Oh iya, di sini juga ada mitos soal hubungan pasangan lho Idollovers. Di dalam Gua Keramat ada dua buah batu berbentuk alat kelamin cowok dan alat kelamin cewek. Katanya nih, kalau mau hubungannya langgeng, si cowok harus memegang batu kelamin cewek begitupun sebaliknya. Rada saru tapi ya? He-he-he.

Pesona Pantai Batu Hiu & Batu Karas
Setelah mengeksplorasi Pangandaran, kini saat­nya berkunjung ke Pantai Batu Hiu dan Batu Karas yang masih berada di wilayah Pangandaran. Pantai Batu Hiu menyajikan panorama laut lepas dengan ombak ganas bergemuruh. Berbeda dengan Pantai Batu Hiu, Pantai Batu Karas lebih ramai. Di pantai ini banyak turis asing yang berselancar. Kita juga bisa kok belajar berselancar dengan menyewa papan selancar di sini. Selain itu di sini juga banyak penjual souvenir. Jangan lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman ya.

Green Canyon
Tempat indah ini terletak di Desa Kertayasa, Cijulang. Di sini kita bisa menjelajah Green Canyon dengan menyewa perahu. Jika cuaca sedang bagus, maka air sungai Green Canyon akan berwarna hijau cerah. Cantik banget! Nikmati deh perjalanan selama sekitar setengah jam ini. Dijamin, kita akan terpesona dibuatnya. Setelah perahu berhenti, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan berenang menyusuri sungai. Terjun bebas dari atas batu? Siapa takut?
Tips!
1.Berkunjung ke Pangandaran enaknya di musim kemarau. Karena di musim itu kita bisa melihat sunrise dan sunset
dengan lebih jelas. Sementara kalau musim hujan, air Green Canyon berwarna coklat dan berarus deras.
2.Selalu waspada ketika sedang main di pantai dan mematuhi aturan penjaga pantai agar terhindar dari kecelakaan.
3.Berkunjung ke beberapa tempat di Pangandaran memang lebih enak menggunakan kendaraan untuk menghemat waktu. Buat yang enggak membawa mobil, bisa menyewa angkutan umum maupun motor.
4.Supaya enggak bingung dengan banyaknya pilihan penginapan, cek dulu kamar dan fasilitasnya, baru menyewa. Pilih yang sesuai dana dan kebutuhan. Selain di Pantai Pangandaran, pilihan tempat menginap juga bisa di Pantai Batu Karas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar